1. Bidang Pendidikan
Langkah Strategis pelaksanaan program :
1)
Fasilitas
pembentukan dan pengembangan TK/PAUD melalui penyediaan tanah, Pembangunan
sarana prasarana.
2)
Fasilitas
penyediaan tanah kas desa untuk pembangunan gedung PAUD, TK dan SD.
3)
Penegasan
Jam Belajar Masyarakat melalui Keputusan Kepala Desa.
4)
Pembentukan
satgas untuk mengawal jam Belajar Masyarakat.
5)
Pengentasan Buta huruf, wajar 9 tahun dan
pendidikan kecakapan hidup melalui kerjasama dengan PKBM “ SADEWA”
2. Bidang Kesehatan Masyarakat
Langkah Strategis pelaksanaan program :
1)
Fasilitasi
pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan melalui pembentukan dan dinamisasi
Desa Siaga dengan Keputusan Kepala Desa
dan memberikan fasilitasi ruang sekretariat di komplek balai desa.
2)
Fasilitasi
pembangunan lingkungan pemukiman berbasis masyarakat untuk mewujudkan
lingkungan yang bersih dan sehat.
3)
Membangun
jaringan kerja dengan Puskesmas Wonosari
II, PT. Unilever Persada dan bidan serta balai pengobatan yang ada di wilayah
desa.
3. Bidang Ekonomi Masyarakat
Langkah Strategis pelaksanaan program :
1)
Pendirian
BKD dalam mengoptimalkan pengelolaan keuangan desa.
2)
Fasilitasi
peningkatan kualitas produk , permodalan dan pemasaran bagi industri kecil
3)
Fasilitasi
permodalan melalui UEPKM Dinas Sosial dan yayasan teratai putih PKK Kabupaten.
4)
Fasilitasi
usaha-usaha bidang pertanian , peternakan , perikanan
5)
Fasilitasi
permodalan melalui dana PUAP bekerja sama dengan dinas peternakan berupa
pemberian modal
6)
Fasilitasi
pemasaran melalui pasar desa.
4. Bidang Keamanan dan Ketertiban
Langkah Strategis pelaksanaan program :
1)
Pembangunan
poskamling di setiap RT
2)
Pembinaan
siskamling
3)
Pembinaan anggota linmas dianggarkan melalui APBDes
4)
Pembentukan
satgas penanggulangan penyalahgunaan Narkoba
5)
Fasilitasi
ruang kerja bagi Babinsa dan Babinkamtibmas
5. Bidang Pemerintahan
Penilaian terhadap pelaksanaan program pada
bidang pemerintahan dilihat melalui indikator-indikator tertentu yang dapat mencerminkan
keadaan bidang pemerintahan, meliputi :
1.
Badan Permusyarakatan Desa (BPD)
Tercermin dengan tersedianya fasilitas seperti kantor, anggaran, buku data keputusan BPD, buku data anggota BPD, buku data kegiatan BPD, buku sekretariat BPD,
dan mesin tik/komputer pada tahun 2011-2012.
2.
Pemerintahan Desa
Tercermin dengan tersedianya fasilitas gedung kantor dan buku data
perangkat desa, serta kelengkapan struktur perangkat desa pada tahun 2011-2012.
3.
Administrasi Desa
Penilaian didasarkan dari ketersediaan fasilitas Administrasi Umum, Administrasi
Keuangan, Administrasi Penduduk , Administrasi BPD , Administrasi Pembangunan ,
Administrasi lainnya, dan Peta Wilayah pada tahun 2011-2012.
4.
Keuangan Desa
Penilaian terhadap keuangan desa dilihat dari keadaan APBD desa, jumlah
PAD Desa, Alokasi Dana Desa (ADD), dan Bantuan/Hibah desa pada tahun 2011-2012.
5.
Akuntabilitas
Indikator untuk penilaian akuntabilitas dilihat dari Pertanggungjawaban
Kades kepada pemerintah atasan, penyampaian keterangan ttg laporan
pertanggungjawaban kepada BPD, dan Penyampaian informasi masyarakat tentang
pokok-pokok pertanggungjawaban pada tahun 2011-2012
6. Bidang Partisipasi Masyarakat
Langkah Strategis Pelaksanaan program :
1)
Fasilitasi dan dukungan terhadap lembaga-lembaga
penyelenggaran pemilihan umum, pilpres, pilkada, dan pilkades.
2)
Pemberdayaan
masyarakat dalam pembangunan melalui jalinan komunikasi, motivasi, pemberian
peran untuk menumbuhkan partisipasi dan gotong royong
7. Bidang Lembaga Kemasyarakatan
Penilaian dan evaluasi terkait pelaksanaan
program dibidang lembaga pemasyarakatan dilihat dari beberepa indikator seperti
yang tertera berikut :
Langkah Strategis pelaksanaan program :
1)
Fasilitasi pendanaan kegiatan melalui APBDes
2)
Fasilitasi
sarana prasarana yang dibutuhkan
3)
Pemberdayaan perempuan mulai dari perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi pembangunan